Acara ini
diselenggarakan di bawah naungan BkkbN Kab. Soppeng yang bertempat di Aula 2 Hotel
Surya. Terdiri dari 4 sekolah dengan 9 peserta sebagai perwakilan tiap sekolah.
Pesertanya yaitu, SMA 1 MARIORIWAWO , SMK 1 LILIRIAJA , SMP 1 DONRI-DONRI , dan
SMP 3 WATANSOPPENG. Acara diselenggarakan selama 2 hari dengan total peserta sebanyak 36 orang. Adapun
untuk hari pertama terdapat 3 materi yaitu :
1) PEMBINAAN
ANAK & REMAJA (Hj. A.Pattappaunga Soetomo )
2) REMAJA
DAN PROBLEMATIKANYA (H. Daniel shaleh)
3) GENERASI
BERENCANA/GENRE (Drs. Fitrahtuddin)
Materi pada pertemuan hari pertama dapat kitakan sebagai
materi pengantar dan dasar untuk mengetahui remaja dan dunianya. Para siswa
sangat antusias dengan materi yang disampaikan, terutama pada saat materi ke-3
dimana lebih banyak sesi untuk bertanya sehingga kesempatan ini tidak
disia-siakan oleh para siswa.
Hari kedua
penyampaian materi baru benar-benar masuk pada materi utama untuk PIK Remaja.
Tetapi sebelum itu, kami para peserta terlebih dahulu diberikan Free test
sebagai tes awal sebelum dilakukannya peyampaian materi. Hal ini dimaksudkan
agar dapat dilihat pengetahuan para peserta sebelum dan sesudah penyampaian
materi. Penyampaian seputar Pik Remaja yang terdiri dari 3 tahapan, yaitu :
1) Tahap
Tumbuh, dengan materi yang harus dikuasai :
a) 8
Fungsi Keluarga
b) TRIAD
KRR
c) Pendewasaan
Usia Perkawinan (PUP)
d) Keterampilan
hidup (Lifeskill)
2) Tahap
Tegak, dengan materi yang harus dikuasai :
a) 8
Fungsi keluarga
b) Pendewasaan
usia Perkawinan (PUP)
c) TRIAD
KRR
d) Keterampilan
Hidup (lifeskill)
e) Keterampilan
Advokasi dan KIE
3) Tahap
Tegar, dengan materi yang harus dikuasai :
a) 8
Fungsi keluarga
b) Pendewasaan
usia Perkawinan (PUP)
c) TRIAD
KRR
d) Keterampilan
Hidup (lifeskill)
e) Keterampilan
Advokasi dan KIE
f) Pengembangan
materi sesuai kebutuhan PIK R/M (mis; Gender)
Materi-materi
diatas dapat anda cari dan download sendiri, sehingga bagi anda para anggota
PIK Remaja dapat menguasai materi yang menjadi tanggungjawab anda. Terima kasih
telah membaca J
Ini Foto para Pesertanya
(y)
BalasHapus