SELAMAT DATANG DI BLOG PIK-R MARIO SIPAKALEBBI - SMAN 1 MARIORIWAWO - KABUPATEN SOPPENG
Home » » Cara Menolak Ajakan Ketika .....

Cara Menolak Ajakan Ketika .....

Ditulis oleh : sahrul on Senin, 08 Juni 2015 | 20.41

Selamat Siang Sahabat Genre.  Apak Kabar? Lama baru update artikel lagi ni. Oke sebelum saya lanjut mungkin lebih bagus kalau kita mengawalinya dengan Salam Genre.
Ilustrasi Salam Genre
Topik pembahasan saya di artikel kali ini ialah Cara Menolak Ajakan Ketika......., ketika apaan yah? kalau ajakan sih banyak macamnya seperti ajakan makan (apalagi makan gratis), ajakan untuk olahraga, ajakan belajar, dan ajakan-ajakan lain. Tapi tidak semua ajakan dari teman harus kita terima. Nah bagaimana kalau teman kita sakit hati?. Mungkin memang begitulah konsekuensinya, sebagai seorang konsuler saya menyarankan daripada nanti kamu menyesal mending katakan TIDAK mulai dari sekarang (kalau menerima ajakan yang negatif). Jadi saya punya cara untuk kalian bagaiman teknik mengatakan TIDAK ketika menerima ajakan yang dapat merusak diri kamu.
#1. Berkata "TIDAK"
Jangan takut, malu, gak enak, atau apalah untuk mengatakan tidak ketika menerima ajakan yang dapat menghancurkan masa depan kamu, misalnya ajakan untuk merokok, minum minuman keras, narkoba dan sebagainya.
Contoh : "Tidak" atau "Tidak, terima kasih"
#2. Katakan Terus Terang, Apa Adanya

Sekali lagi jangan malu, gak enak, merasa kurang gaul, takut atau apalah untuk mengatakan kepada teman kamu apa adanya, mungkin dengan cara ini teman kamu akan mengerti dan tidak akan mengajak kamu kembali.
Contoh : "Tidak, terima kasih, saya tidak merokok" atau "Saya tidak mau mencobanya"
#3. Beri Alasan 
Beri alasan. Kenapa kamu tidak mau begini, kenapa kamu tidak mau begitu, kenapa kamu tidak mau mencobanya meskipun teman kamu tidak menanyakannya.
Contoh : "Tidak, terima kasih, Saya tergesa-gesa nih, saya harus pergi" atau "Maaf, saya kurang tertarik untuk merokok, karena itu tidak baik bagi kesehatan.
#4. Merubah Topik Pembicaraan
 Mungkin kamu biasa melakukan ini, trik ini gak terlalu tegas tapi setidaknya bisa dicobalah.
Contoh : " Tidak, terima kasih. Kamu tau gak skor pertandingan Real Madrid vs Liverpool tadi malam ?"
 #5. Mengulang Kata Tidak Berkali-kali
Cara ini pastinya akan sangat memberikan dampak yang luar biasa, karena bisa saja teman kamu gak mau menemuimu lagi. Tapi gak apa-apa kok, daripada lo terjerumus kehal yang tidak baik.
Contoh : "Tidak, tidak terima kasih, tidak, saya tidak tertarik, sekali lagi saya katakan TIDAK.
#6. Menghindari Situasi

Jauhkan diri dari setiap situasi dimana ada kemungkinan kamu mendapat tekanan dari kelompok untuk merokok atau menggunakan NAPZA.

Sekian tips dari saya dan semoga bermanfaat.

0 komentar :

Posting Komentar