SELAMAT DATANG DI BLOG PIK-R MARIO SIPAKALEBBI - SMAN 1 MARIORIWAWO - KABUPATEN SOPPENG
Home » » Keterampilan Hidup Yang Mesti Dimiliki Remaja

Keterampilan Hidup Yang Mesti Dimiliki Remaja

Ditulis oleh : sahrul on Jumat, 19 Juni 2015 | 07.28

Oke sebelum saya lanjut saya menginginkan kalian mengisi biodata singkat dibawah ini.
  1. Nama........................................................
  2. Usia...........................................................
  3. Asal Sekolah..............................................
  4. Siapa Idola Kebanggan...............................
  5. Kekurangan Anda.......................................
  6. Kelebihan Anda..........................................
  7. Cita-Cita.....................................................
  8. Tuliskan Siapa Anda Sekarang....................
  9. Tuliskan Siapa Anda 10 Tahun Kedepan......
Oke kita lanjut, sebagai seorang remaja kita dituntut untuk Hidup Mandiri. Hal itu bertujuan untuk memudahkan kita menghadapi liku-liku kehidupan. Jadi untuk Hidup Mandiri kita membutuhkan yang namanya Keterampilan Hidup atau Kecakapan Hidup atau bahasa yang lebih kerennya lagi Life Skill.
Ilustrasi Kecakapan Hidup
 #1. Apa Itu Kecakapan Hidup?
  1. Kecakapan Hidup adalah berbagai keterampilan atau kemampuan untuk dapat berperilaku positif dan beradaptasi dengan lingkungan memungkinkan seseorang mampu menghadapi berbagai tuntutan dan tantangan dalam hidupnya sehari-hari secara efektif (DEPDIKNAS, 2002).
  2. Keterampilan hidup adalah kemampuan dan keberanian untuk menghadapi dan mengatasi masalah dan kesulitan dalam hidup kita sehari-hari.
Selain pengertian diatas sebenarnya maksud dari kecakapan hidup adalah bagaimana anda bisa menentukan dan mencari identitas diri dalam hal ini jati diri anda yang bakal menjadi dasar ketika anda melewati masa remaja.

#2. Apa Tujuan Dari Kecakapan Hidup?
Tujuan dari keterampilan hidup adalah agar kita bisa melindungi diri dari berbagai resiko dan ancaman dalam kehidupan masa remaja. Remaja mulai heboh dengan pertanyaan who am i? (siapa saya?). Terkait pertanyaan tersebut masa remaja merupakan masa dimana anda akan mencoba banyak hal baik itu yang dapat merusak maupun membuat anda akan lebih baik. Jadi keterampilan hidup ini yang akan membantu anda menyaring (filter) hal yang sama sekali tidak berguna atau bahkan merusak diri anda.

 #3.Jenis-Jenis Kecakapan Hidup
Kecakapan atau keterampilan hidup itu berasal dari sikap dan kemampuan remaja untuk :
  1. Mengambil Keputusan, yaitu mengetahui dan memilih perilaku-perilaku dan cara-cara tertentu untuk menghindari resiko atau bahaya yang mempengaruhi kehidupan kita baik dari segi mental maupun fisik. Contoh : Anda memilih untuk tidak ikut-ikutan merokok karena itu dapat menyebabkan anda terkena berbagai penyakit.
  2. Memecahkan Masalah, adalah bagaimana anda dapat mengatasi segala resiko dan ancaman dalam hidup anda. Untuk melakukannya anda harus mencari penyebab dari masalah tersebut dan kemudian menyusun cara bagaimana anda dapat mengatasi atau mencegahnya. Contoh : Anda tidak ingin terkena HIV/AIDS, maka anda mencari bagaimana anda tidak terkena HIV/AIDS dan anda menemukan caranya bahwa apabila anda tidak ingin terkena HIV/AIDS anda tidak boleh melakukan hubungan bebas (misalnya).
  3. Berpikir Kritis,  yaitu mempelajari informasi dan pengalaman agar dapat memilih tindakan yang bermanfaat serta tidak mudah menerima teori atau opini yang berkembang dalam masyarakat. Contoh : Ada orang yang mengatakan pada anda seperti ini "jika anda mau lulus cukup bakar itu buku lalu campur dengan air kemudian minum, itu akan membantumu untuk lulus". Nah pertanyaan saya "itu logis gak?" "gak logis". Jadi disini dibutuhkan pemikiran anda yang kritis artinya tidak mudah menerima opini yang sedang berkembang dalam masyarakat dan ini bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari mengingat banyaknya berita hoaks yang tidak dapat dibuktikan kebenarannya yang berkembang dalam masyarakat luas.
  4. Berkomunikasi Efektif, yaitu menyampaikan keinginan dan ketidakinginan dengan cara yang jelas tetapi sesuai dengan situasi atau budaya yang berlaku. Contoh : Ketika anda masih sekolah anggaplah anda sekarang duduk dikelas 12 sma. Permasalahannya orang tua anda ingin menikahkan anda dengan seseorang, jadi anda dituntut untuk melakukan pembelaan jika anda memang ingin melanjutkan sekolah dan memutuskan belum ingin menikah. Cukup katakan "Maaf pak/mah, saya belum ingin menikah saya ingin sarjana dulu".
  5. Berpikir Kreatif,  yaitu mempelajari informasi dan pengalaman agar dapat memilih tindakan yang bermanfaat. Contoh : Kebanyakan remaja sekarang sudah krisis confidence (kepercayaan diri), kreatifitasnya mulai menipis. Lantas apakah yang memengaruhi semua itu? menurut pandangan saya selama ini faktor yang paling mempengaruhi hal itu adalah perkembangan teknologi yang tidak dibarengi dengan sikap yang mestinya dimiliki oleh remaja. Banyak remaja sudah tidak menggunakan otaknya lagi untuk berpikir, jika dia punya tugas misalnya, dengan cepat dia dapat mengakses search engine di internet. Tentu itu akan mengurangi kreatifitas si remaja ini.
  6. Membina Hubungan antara pribadi secara baik atau positif.
  7. Mengenali Diri Sendiri dengan baik seperti biodata yang saya suruh isi diatas.
  8. Berempati, yaitu mampu membayakan diri pada keadaan orang lain.
  9. Mengendalikan Emosi, dengan cara yang tepat sehingga tidak terjerumus dalam cara-cara yang merugikan diri sendiri.
  10. Mengatasi Stress atau tekanan dan mengendalikannya dengan tepat.
*Untuk biodata diatas saya kira anda dapat mengenali diri anda setelah memahami betul apa yang telah anda isi.

Nah itulah beberapa kecakapan hidup yang sepat saya bagikan dan saya sebagai penulis merasa artikel ini masih jauh dari kesempurnaan dan oleh karena itu kami akan selalu mengupdate tulisan ini.

1 komentar :